NFC iPhone Fungsi dan Cara Menggunakannya

NFC iPhone Fungsi dan Cara Menggunakannya - Saat ini, hampir semua ponsel memiliki fitur NFC, termasuk ponsel Android dan iPhone. Apa pendapat Anda tentang fitur NFC, dan bagaimana cara kerja NFC di iPhone? Apakah NFC berfungsi di semua perangkat? Jangan khawatir, untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca selengkapnya di artikel ini

NFC iPhone Fungsi dan Cara Menggunakannya

NFC di iPhone

Sebagian besar pengguna HP mungkin pernah mendengar tentang teknologi NFC. Beberapa perangkat Android dan iPhone sudah memiliki NFC bawaan. Namun, fitur ini terbatas pada beberapa perangkat yang sebagian besar hanya perangkat kelas menengah atau perangkat unggulan.

Jadi, sebelum itu, Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan NFC. Istilah NFC sendiri merupakan singkatan dari Near Field Communication, atau dalam pengertian Indonesia Near Field Communication.

NFC, atau yang biasa disebut pengguna sebagai media pemindaian, adalah fitur yang ada di ponsel yang memungkinkan pengguna mentransfer data seperti pembaca. NFC biasa digunakan untuk melakukan pembayaran, seperti menyewa sepeda, membayar biaya parkir, dan memesan makanan. Bahkan untuk isi ulang uang elektronik.

Banyak pengguna iPhone yang memanfaatkan fitur ini untuk isi ulang uang elektronik, daripada harus mencari ATM bank terdekat. Tentu saja, teknologi NFC pada iPhone 12 dan iPhone jenis lain bergantung pada versi iOS yang mereka miliki. 

Kegunaan Teknologi NFC 

Di Indonesia, fitur NFC sendiri menjadi sangat populer berkat keunggulannya yang memudahkan penggunanya. Kini pengguna dapat mencoba fitur NFC ini untuk mengelola kartu pembayaran yang terkait dengan sejumlah aplikasi resmi seperti Tokopedia, Mandiri Online, BRImo BRI dan BCA Mobile.

Dukungan dari banyak merchant juga sangat baik, Anda bisa menggunakan NFC untuk cek dan charge saldo e-money Anda di Mandiri Online dan BRIZZI di BRImo BRI.

Nah, pada Februari 2021 sebelumnya. BCA mengabarkan bahwa BCA Mobile (BCA Mobile untuk iPhone versi 2.7.2) akhirnya mendukung NFC di iPhone. Pengguna dapat menggunakannya untuk memindai e-money dalam hal pengecekan saldo dan isi ulang e-card Flazz.

Kabar baiknya, e-commerce Tokopedia juga mendukung top-up e-money dan pembayaran NFC.

Teknologi NFC pada ponsel sering digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant yang menyediakannya.

Namun, pada perangkat Android, fitur NFC masih terbatas atau hanya mendukung beberapa versi yang lebih baru.

Fitur NFC Pada iPhone

Seperti halnya dengan NFC iPhone. Namun kabar baiknya, Apple kini telah menambahkan dukungan NFC melalui sistem operasi terbarunya, yang berdasarkan informasi dari Apple, telah tersedia sejak iOS 11.

Bahkan jika Anda pengguna iPhone 6 series, iPhone 6s, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dll, serta iPhone SE (generasi ke-2), maka Anda dapat menggunakan NFC dengan pembaruan iOS ke versi terbaru.

Namun perlu dipastikan bahwa jenis NFC yang dapat dibaca adalah NFC dalam format NDEF (NFC Data Interchange Format).

Dalam sejarahnya, Apple pertama kali memasukkan teknologi NFC pada link iPhone, khususnya pada iPhone 6 series, sekitar bulan September 2014.

Namun saat itu, fitur NFC hanya bisa digunakan oleh pengguna Apple Pay. Sejak Apple memperbarui sistem operasinya dari waktu ke waktu, di iOS 11, iPhone dapat membaca tag NFC tanpa perlu aplikasi khusus, termasuk augmentasi uang elektronik.

Cara Mengaktifkan NFC Di iPhone

Jika harus menggunakan setting khusus di Android untuk mengaktifkan NFC ini. NFC iPhone aktif secara otomatis tanpa harus mengaturnya terlebih dahulu. Pembaca label nfc untuk iPhone juga memindai secara otomatis.

Jadi, tidak ada cara mengaktifkan NFC di iPhone 7 atau cara mengaktifkan NFC di iPhone 11, karena pengguna tidak perlu mengaktifkan NFC di iPhone karena bisa langsung digunakan secara otomatis. Namun dengan catatan, iOS Anda telah diperbarui ke versi iOS terbaru.

Jika iPhone Anda saat ini menggunakan iOS 11, NFC hanya dapat membaca kartu. Untuk membuat NFC lebih kuat, Anda dapat memperbarui ke iOS 13 untuk dapat melakukan tugas lain selain membaca kartu. 

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana cara menggunakan NFC iPhone untuk cek saldo atau isi ulang uang elektronik? Simak langkah-langkahnya di bawah ini. 

  1. Langkah pertama, Sobat bisa install aplikasi pendukung layanan NFC. Misal Sobat ingin top up Brizzi, maka install aplikasi BRImo BRI atau Tokopedia.
  2. Selanjutnya sobat bisa masuk ke aplikasi tersebut, dan login dengan akun yang dimiliki.
  3. Kemudian Sobat bisa masuk ke menu e-money Brizzi, lalu pilih cek saldo atau top up e-money.
  4. Maka nantinya Sobat akan diminta mendekatkan kartu e-money ke komponen NFC iPhone. Letak komponen NFC di iPhone biasanya terletak di bagian atas HP.
  5. Terakhir, tinggal pilih opsi yang diperlukan seperti top up. Maka Sobat bisa ikuti instruksi yang akan tampil di layar saat Sobat akan mengkonfirmasi.
  6. Selesai.

Catatan: Setiap layanan memiliki nama yang berbeda untuk opsi tersebut. Tetapi langkah-langkahnya umumnya sama. Pastikan untuk membaca instruksi terlebih dahulu dari setiap halaman web untuk layanan yang Anda gunakan.

Pada dasarnya NFC adalah mesin pemindai yang sama. Anda hanya perlu memegang kartu uang elektronik di dekat komponen NFC iPhone di bagian atas ponsel, maka NFC akan otomatis membaca kartu dan menampilkan sisa saldo.

Demikianlah pembahasan mengenai NFC iPhone Fungsi dan Cara Menggunakannya, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.

Posting Komentar untuk "NFC iPhone Fungsi dan Cara Menggunakannya"